Semakin tingginya biaya hidup di perkotaan membuat masyarakat mencari berbagai jalan alternatif agar dapat menghemat biaya pengeluaran harian, terutama biaya transport. Apalagi bagi masyarakat perkotaan yang setiap harinya menggunakan mobil untuk beraktifitas, tentu biaya konsumsi BBM harian bila ditotal dalam satu bulan akan menjadi besar. Oleh karena itu banyak masyarakat perkotaan yang berusaha untuk menghemat biaya konsumsi BBM dengan mencari tahu berbagai tips untuk menghemat kendaraan.

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan agar dapat menghemat penggunaan BBM kendaraan :

1. Periksa tekanan angin ban secara berkala
Tekanan angin pada ban bila berkurang akan menyebabkan kerja mesin menjadi lebih berat. Kerja mesin yang lebih berat tentunya membutuhkan BBM yang lebih banyak pula. Oleh karena itu anda wajib mengecek kondisi ban secara rutin, karena pada umumnya tekanan ban setiap bulan berkurang 1psi. 

2. Rutin servis kendaraan
Setiap komponen mesin ada usia pakainya, contohnya seperti oli kendaraan yang wajib diganti setiap 5000km sekali, filter oli yang wajib diganti setiap 10000km, filter bensin dan sebagainya. Kendaraan yang jarang diservis tentunya akan tidak optimal ketika digunakan, mulai dari performa tarikan yang buruk, hingga konsumsi BBM yang boros.

3. Isi full bensin tiap setengah di indikator
Biasakan untuk selalu mengisi full tangki bensin setelah berkendara. Bensin senyawa yang mudah menguap, kenaikan suhu beberapa derajat saja sudah terjadi penguapan. Oleh karena itu apabila tangki bensin kosong udara yang terdapat di dalam tangki dapat memicu terjadinya penguapan, yang tentunya bensin akan semakin cepat habis.

4. Hindari pengereman mendadak dan akselerasi berlebihan
Membawa kendaraan ugal-ugalan tentu selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, berpengaruh juga dalam konsumsi BBM kendaraan. Semakin banyak melakukan pengereman, energi gerak yang terbuang akan semakin banyak, tentunya membutuhkan akselerasi lagi yang semakin boros konsumsi BBM nya. Lebih baik jaga jarak aman dengan kendaraan di depannya agar dapat mengurangi pengereman dan akselerasi.

5. Menggunakan gigi transmisi yang tepat
Setiap mesin bensin/diesel memiliki putaran optimal di kisaran 2500 - 3000 rpm. menjaga putaran mesin yang optimal dalam berkendara tentu dapat mengurangi konsumsi BBM. Anda dapat menjaga putaran mesin tetap optimal dengan mengamati tachometer ketika berkendara.

6. Matikan mesin ketika terjebak macet parah
Nah buat anda yang sering terjebak macet, biasakan mematikan mesin ketika sedang terjebak macet parah. Karena mesin dalam posisi idle tentu tetap mengkonsumsi bahan bakar secara konstan, oleh karena itu jika anda mematikan mesin setiap terjebak macet parah, konsumsi BBM kendaraan anda akan menurun.

7. Gunakan kaca film yang berkualitas
Beragam produk kaca film dapat kita temui di internet, namun anda harus mengetahui produk kaca film yang berkualitas dapat mereduksi sinar matahari yang masuk ke mobil. Suhu kabin mobil yang panas tentu akan memberatkan kerja AC dalam mendinginkan kabin. Dengan menggunakan kaca film yang berkualitas, suhu didalam kabin tidak terlalu tinggi yang tentu membuat kerja AC menjadi tidak berat. Jika AC tidak bekerja terus menerus, tentu konsumsi BBM kendaraan akan lebih hemat.

8. Gunakan alat penghemat BBM
Bagi anda yang ingin penghematan yang lebih nyata, anda dapat menggunakan alat penghemat BBM. Beragam produk penghemat BBM dapat kita lihat di internet, namun tidak semuanya menghasilkan penghematan sesuai yang dijanjikan dan bahkan ada beberapa produk yang dapat merusak kendaraan. Bagi anda yang ingin menggunakan alat penghemat BBM, anda dapat mencoba produk kami Alco HHO Generator. Tersedia untuk kendaraan bensin dan diesel kelistrikan 12V dan 24V. 

Metode penghemat BBM berbasis HHO generator sudah terbukti dapat menghemat penggunaan BBM secara signifikan dan dapat merawat mesin secara berkesinambungan. Berbagai hasil penelitian dan analisis seputar penggunaan gas HHO dan manfaatnya bagi kendaraan dapat ditemukan di internet. Semoga tips-tips yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah mampir ke blog kami.